02 Apr 2013
April 2, 2013

Pengobatan Jerawat

April 2, 2013 0 Comment
Pengobatan Jerawat
Definisi Jerawat
Bagi sebagian orang jerawat hanyalah benjolan kecil yang terdapat pada wajah, namun bagi sebagian orang yang lain jerawat adalah sesuatu yang menakutkan dimana ada kalanya kepercayaan diri mereka menjadi terganggu yang disebabkan oleh jerawat.
 
Munculnya jerawat adalah karena adanya kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah yang membuat sel kulit mati dan sebum atau minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea (terletak di bawah kulit) tidak bisa keluar dan terjebak di bawah lapisan kulit luar.
 
Ada kalanya bakteri juga ikut terjebak di bawah lapisan kulit luar sehingga terjadi peradangan atau iritasi pada area tersebut.
 
Biasanya jerawat muncul pada usia pertumbuhan (puber) dimana hal ini biasanya akan berhenti pada saat menginjak usia 25 tahun atau saat dewasa, meski ada kalanya jerawat juga masih tumbuh pada seseorang yang berusia dewasa.
 
Dalam masa pertumbuhan hormon sedang mengalami lonjakan dimana hal ini bisa memicu tumbuhnya jerawat, namun tumbuhnya jerawat bisa memberikan dampak yang lebih buruk pada seseorang yang memiliki kulit berminyak.
 
Belum ditambah jika malas menjaga kebersihan wajah dimana bakteri akan hinggap dan tumbuh pada area tempat jerawat.

Jenis Jerawat

1. Jerawat Biasa
 
Bentuk atau tampilan dari jenis jerawat biasa mudah dikenali yaitu berupa benjolan kecil pada wajah yang berwarna merah muda atau kemerahan.
 
Jerawat biasa biasanya disebabkan oleh faktor hormonal, stres dan udara yang lembab yang bisa memicu kulit untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang sangat banyak dan hal inilah yang mengundang bakteri untuk hinggap di area ini.
 
2. Jerawat Jagung atau Batu
 
Cystic acne atau biasa dikenal sebagai jerawat jagung atau batu bisa dikenali bentuk benjolan yang agak besar yang disertai dengan peradangan.
 
Jenis jerawat jagung berbeda dengan jenis jerawat biasa karena jenis jerawat ini tumbuh menyebar pada bagian wajah sedangkan jenis jerawat biasa hanya terdapat pada sebagian wajah saja.
 
Banyak orang yang menganggap bahwa jerawat batu sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri karena raut wajah terlihat tidak menarik.
 
Jerawat jenis batu ini biasanya disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik yang memiliki sifat seperti di bawah ini yaitu :

  • Kelenjar sebasea (kelenjar minyak) cenderung membanjiri pori-pori kulit dengan sebum atau minyak karena bekerja terlalu aktif.
  • Sel-sel kulit tidak bisa melakukan regenerasi dengan normal karena pertumbuhan sel-sel kulit yang selalu lambat.
  • Kulit memberikan respon yang berlebihan terhadap peradangan atau iritasi yang disebabkan oleh kulit sensitif dimana hal ini akan meninggalkan bekas pada kulit.

 
3. Komedo
 
Penyebab dari jerawat jenis komedo ini adalah karena matinya sel-sel kulit dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
 
Hal ini akan mudah terjadi jika anda malas membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit yang mati akan menumpuk di permukaan lalu minyak yang terdapat pada permukaan kulit akan menutup sel-sel kulit yang akan menyebabkan penyumbatan.
 
Selain itu kandungan minyak dari produk penataan atau perawatan rambut dan make up yang terlalu sering digunakan juga bisa membuat kondisi jerawat anda menjadi lebih parah.
 
Komedo bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  • Komedo terbuka

 
Komedo terbuka bisa dilihat dari pori-pori yang berwarna hitam dan membesar dimana titik-titik hitam ini adalah karena tersumbatnya pori yang teroksidasi dengan udara sehingga warnanya berubah.
 

  • Komedo yang tertutup

 
Komedo yang tertutup terlihat seperti sebuah benjolan kecil yang berwarna putih pada bawah permukaan kulit dengan bentuk kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat.
 
jenis jerawat Pengobatan Jerawat

Penyebab Jerawat

 
Mungkin anda pernah merasa heran karena sudah rutin membersihkan wajah namun kenapa masih bisa muncul jerawat pada wajah anda.
 
Padahal sebenarnya bisa saja meskipun anda rutin membersihkan wajah namun anda masih melakukan kebiasaan lain yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.
 
Dengan mengetahui penyebab dari munculnya jerawat maka anda bisa menghindari munculnya jerawat pada wajah anda.
 
Berikut ini adalah penyebab jerawat yaitu :
1. Makanan dan Minuman
 
Jenis makanan yang gurih, bersantan, berlemak, mengandung kafein, asin dan manis berpotensi besar untuk memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.
 
Contoh dari jenis makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat adalah es krim, kopi, mentega, coklat, daging kambing, sambal, durian, alpukat, mangga, minuman bersoda dan makanan cepat saji atau gorengan.
 
2. Bakteri
 
Bakteri Propionibacterium acnes adalah jenis bakteri yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah, dimana bakteri ini tidak akan muncul pada wajah jika anda sering membersihkan wajah dengan teratur.
 
3. Produksi minyak yang berlebihan
 
Beberapa jenis makanan dan minuman dikenal bisa menimbulkan jerawat misalnya makanan yang berlemak yang membuat produksi minyak terjadi dengan berlebihan.
 
4. Peralihan masa remaja
 
Produksi hormon akan mengalami peningkatan pada masa remaja menuju dewasa. Salah satu hormon yang bisa memicu jerawat adalah hormon DH.
 
5. Faktor Genetik
 
Jika orang tua anda memiliki wajah yang mudah terkena jerawat maka kemungkinan besar wajah anda juga akan mudah terkena jerawat. Hal ini karena anda mewarisi genetik yang sama dari orang tua anda.
 
6. Iritasi Kulit
 
Kebiasaan memecah jerawat bisa menimbulkan iritasi kulit dimana hal ini juga bisa mengundang bakteri yang bisa menimbulkan jerawat.
 
7. Obat-obatan
 
Penggunaan dari beberapa jenis obat juga bisa memicu tumbuhnya jerawat misalnya obat jenis kosteroid yang bisa membuat menyebabkan aktivitas bakteri pathogen meningkat dan tubuh anda menjadi lebih lemah.
 
8. Malas membersihkan wajah
 
Kebersihan wajah yang kurang bisa membuat bakteri penyebab jerawat bisa berkembang biak dengan sangat cepat pada bagian wajah.
 
9. Stres
 
Perasaan cemas, khawatir dan gelisah bisa memicu tumbuhnya jerawat. Misalnya jika anda sedang dikejar target untuk menyelesaikan tugas yang anda anggap sangat berat.
 
10. Penggunaan kosmetik
 
Beberapa jenis kosmetik diketahui bisa menyebabkan jerawat misalnya moisturizing atau pelembab, foundation, night scream dan scrub.
 
11. Faktor lain
 
Jerawat juga bisa disebabkan oleh terlalu sering kena paparan sinar matahari, seseorang yang kurang istirahat atau bisa juga karena menggunakan handuk pada wajah dengan kasar.

Pengobatan Jerawat

 
Pengobatan untuk mengatasi jerawat bisa dibedakan menjadi dua metode yaitu melalui metode penyembuhan topikal (obat luar) seperti sabun, jeli, lotion, krim dan salep atau bisa juga dengan menggunakan metode penyembuhan dengan menggunakan obat tradisional.
 
obat jerawat 300x225 Pengobatan Jerawat
Pengobatan topikal
 
Obat jerawat topikal juga bisa dibedakan menjadi 2 yaitu dengan keratolitik (komedolitik) dan antibiotik. Hal ini tergantung dari tingkat infeksi atau radang yang dialami.

  1. Obat jerawat jenis keratolitik atau komedolitik

 
Obat jerawat jenis keratolitik atau komedolitik bisa ditemukan di pasaran sebagai obat bebas.
 
Obat jerawat jenis bebas biasanya mengandung zat aktif asam salisilat, resorsinol dan benzoil peroksida.
 
Obat jerawat jenis bebas mengandung benzoil peroksida yang bekerja secara perlahan-lahan untuk melepaskan oksigen aktif yang memberikan efek keratolitik serta memiliki efek bakteriostatik dan mengeringkan sehingga bisa menunjang efek pengobatan.
 
Kandungan resorsinol memiliki efek antibakteri, antifungi dan keratolitik, sedangkan Asam salisilat memiliki sifat keratolitik, yang dikenal bisa melunakkan kulit sehingga bisa membantu penyerapan obat lain dan fungisida yang lemah.
 
Azelaic acid, tretinoin dan turunannya adalah obat jerawat yang membutuhkan resep dokter sebagai keratolitik atau komedolitik.
 

  1. Obat jerawat jenis antibiotika adalah eritromisin, klindamisin, dalam sediaannya bisa tunggal atau bisa juga dikombinasikan dengan benzoil peroksida atau tretinoin. Tujuan dari kombinasi ini adalah untuk mencegah resistensi.

 
Ada juga kombinasi hormon yang digunakan sebagai obat jerawat yang bisa mengurangi atau mencegah jerawat.
 
Efek samping yang harus diperhatikan adalah :

  • Obat jerawat yang mengandung resorsinol dan asam salisiat tidak diperkenankan untuk anak-anak ataupun seseorang yang memiliki alergi.
    • Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit wajah yang akan anda bersihkan sebelum menggunakan obat jerawat karena ada kalanya obat jerawat bisa menyebabkan alergi dan iritasi kulit.

 
Pengobatan Tradisional Jerawat

 
Selain melalui metode penembuhan modern, jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan metode penyembuhan dengan menggunakan bahan tradisional dimana metode ini dikenal murah dan tidak memiliki efek samping.
 
Berikut ini adalah metode pengobatan jerawat dengan menggunakan metode tradisional diantaranya :
1.Kulit Lemon dan Jeruk
 
Kulit lemon dan jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yang susah dihilangkan. Caranya adalah dengan menumbuk kulit jeruk hingga menjadi halus.
 
Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Kemudian tunggu selama 10 hingga 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih.
 
2.Mentimun
 
Buah yang dikenal murah dan sangat mudah ditemukan ini mengandung berbagai zat yang sangat berguna untuk kesehatan kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat.
 
Caranya adalah dengan mengiris mentimun, lalu tempelkan pada bagian wajah yang terdapat jerawat.
 
Setelah itu irisan mentimun akan memberikan efek yang sejuk pada bagian wajah yang meradang. Setelah itu tunggu 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih.
 
timun untuk mengatasi jerawat 300x200 Pengobatan Jerawat
 
3.Madu
 
Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian, cairan alami yang dihasilkan oleh lebah madu terbukti sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit seperti mengatasi jerawat.
 
Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat dengan menggunakan cotton bud atau kapas. Setelah itu tunggu selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas. Lakukan metode ini setiap hari hingga jerawat mengering.
 
4.Pepaya
 
Buah yang kurang disukai oleh orang pada saat terlalu masak ini sebenarnya mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan, misalnya untuk mengatasi jerawat.
 
Caranya adalah dengan memotong buah pepaya lalu diblender. Setelah itu oleskan pepaya yang telah diblender pada wajah yang meradang. Tunggu selama sekitar 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.
 
5.Masker Kuning Telur
 
Kuning telur mengandung protein yang sangat tinggi yang memiliki banyak manfaat misalnya untuk mengatasi jerawat.
 
Caranya adalah dengan menyediakan 1 kuning telur ayam kampung lalu kocok. Setelah itu oleskan pada bagian wajah untuk dijadikan masker. Setelah itu tunggu selama setengah jam, sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih.
 
6. Perbanyak makan bawang putih
 
Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk kulit dan menghancurkan bakteri jahat yang ada di dalam pori-pori tubuh.
 
7. Menyinari kulit dengan sinar matahari
 
Kulit membutuhkan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin K dimana hal ini bisa mengaktifkan sel dengan baik. Sinar matahari yang baik bagi kulit adalah sinar matahari pada pagi hari, namun jangan terlalu lama karena malah bisa memicu jerawat.

Pencegahan Jerawat

 
1. Olahraga dan tidur yang cukup
 
Stres yang Anda alami setiap hari juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada jerawat. Latihan dan tidur yang cukup akan membantu tubuh kembali menstabilkan hormon.
 
2. Mencuci wajah dengan air hangat
 
Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun pembersih Anda dapat membersihkan kulit wajah secara maksimal. Setelah bersih, cucilah muka lagi dengan air dingin, sehingga pori-pori menutup kembali.
 
3. Makanan dan polusi
 
Makanan yang kurang bersih dan polusi yang sering kita temui setiap hari dapat menjadi racun dan merangsang perkembangan jerawat di kulit. Untuk membuang racun (detoksifikasi) secara alami, perbanyak minum air. Penumpukan racun dalam tubuh akan keluar lewat kotoran dan keringat, sehingga jerawat tidak akan muncul.
 
4. Mandi yang Bersih
 
Mandi dua kali sehari dengan cara yang benar. Gosok-gosok badan termasuk di ketiak, lipatan kaki, lengan sampai bagian belakang. Pilih sabun yang mengandung glycolic acid atau yang khusus untuk kulit berjerawat. Hindari sabun atau lotion yang tinggi kadar parfumnya. Mandi dengan sabun bayi bisa membantu mengurangi iritasi kulit penyebab jerawat semakin parah.
 
5. Kenakan Pakaian yang Nyaman
 
Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman, mudah menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Baju yang terlalu ketat akan menyulitkan kulit untuk bernapas dan menyebabkan bakteri penyebab jerawat dan bau tidak sedap tumbuh subur. Baju berbahan katun, spandeks atau jersey cocok untuk kulit berjerawat.
 
6. Segera Mandi Setelah Berkeringat atau Olahraga
 
Setelah fitnes, olahraga atau beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, disarankan untuk segera membersihkan diri. Jerawat seringkali mudah muncul pada tubuh yang lembab karena keringat berlebih. Bila tidak bisa segera mandi, sediakan selalu tisue basah. Setidaknya cukup untuk membersihkan bagian tubuh yang rentan berjerawat.
 
7. Benzoyl Peroxide
 
Untuk mengurangi pertumbuhan jerawat, bisa menggunakan krim/gel/spray mengandung benzoyl peroxide yang bisa dibeli di apotek. Aplikasikan hanya pada bagian yang berjerawat saja. Perlu diperhatikan bila Anda memiliki kulit cenderung sensitif karena berpotensi menimbulkan iritasi atau alergi. Coba dulu di sedikit bagian tubuh. Apabila terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.
 
8. Cara Natural
 
Bila kulit Anda sensitif, buatlah ramuan ‘anti jerawat’ sendiri. Campurkan 1 sendok teh olive oil, calandula dan almond oil. Tambahkan dua tetep tea tree oil dan 1 tetes chamomile oil. Aduk hingga rata dan terapkan pada bagian yang bermasalah setiap hari.
 
9. Pengelupasan
 
Pengelupasan diperlukan untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat lebih mudah diobati. Gunakan scrub dengan butiran yang lembut, pastikan tidak membuat kulit iritasi. Jangan lupa gunakan lotion setiap habis pengelupasan. Lakukan satu kali seminggu.
 
10. Diet Seimbang
 
Pengobatan jerawat juga harus dilakukan dari dalam. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan (buah-buahan berwarna merah, hijau dan ungu), asam lemak Omega-3 (salmon, minyak zaitun, kacang-kacangan) dan perbanyak minum air putih untuk proses detoksifikasi.
 
Untuk mencegah timbulnya jerawat anda bisa menghindari berbagai faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat misalnya seperti :

  • Memencet, memegang ataupun menggosok jerawat supaya tidak terjadi infeksi sekunder yang biasanya mengakibatkan terjadinya komplikasi berupa timbulnya cacat dan noda, keloid atau bopeng.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan kosmetik seperti moisturizing atau pelembab, night cream, day cream, cleansing cream, foundation, yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Kulit wajah bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering menggunakan scrub pada wajah dan akan mempermudah terjadinya infeksi sekunder yang bisa memperburuk jerawat.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan medicated soap atau sabun anti septik karena jenis sabun ini biasanya bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Usahakan untuk tidak membersihkan atau mencuci wajah dengan menggunakan air panas.
  • Usahakan untuk tidak berolahraga di bawah sengatan sinar matahari yang terlalu panas.
  • Usahakan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi.
  • Atasi stres serta istirahat yang cukup
  • Berusaha melakukan buang air besar secara teratur setiap hari
  • Untuk wanita yang mengalami kekambuhan jerawat setiap menjelang dan setelah haid membutuhkan penanganan khusus.
  • Makan makanan yang kadar lemaknya rendah seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan.
  • Jika jerawat menimbulkan cacat atau bopeng pada wajah maka anda bisa menggunakan obat oles ataupun melakukan tindakan chemical peeling.

Tagging :

obat penghilang bopeng di apotik-salep penghilang bekas jerawat yang dijual di apotik-salep penghilang bopeng-salep jerawat di apotik-obat bopeng di apotek-salep menghilangkan bekas jerawat di apotik-benjolan di wajah-obat jerawat yg dijual di apotek-keratolitik-salep penghilang bopeng bekas jerawat-
Nectura

Cara Nikmat Untuk Sehat

Nectura terdiri dari 47 buah alami dan herbal yang telah dipilih bedasarkan manfaat dan melalui proses secara sinergi dengan 72 macam mineral generasi Ke 5 Ion trace mineral dan organic germanium GE-132. Semua bahan tersebut telah dikombinasikan bersama supercharged Micell-X yang telah teruji klinis mampu meningkatkan kesehatan , melawan Kanker dan Diabetes
Pesan Sekarang Juga dan Rasakan Manfaatnya
08123 27 27 818 / 0857 3232 0108 / PIN :29EEE096
www.NecturaJuice.net
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Leave a Reply